25 Istilah Investasi Yang Harus Anda Ketahui

man

Apa yang menahan anda untuk kembali ke dalam investasi?

Jika anda seperti kebanyakan orang, istilah yang digunakan untuk menggambarkan investasi sangat membingungkan. Beberapa logat khusus dapat diambil untuk membiasakan diri saat anda baru terjun ke dalam investasi.

Sebelum anda mulai membeli sesuatu di pasar, investasi memiliki sedikit pengetahuan. Dibawah ini adalah beberapa istilah investasi yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Asset

Sesuatu yang kemungkinan akan memberikan anda tingkat pengembalian. Aset dapat cukup diharapkan untuk mendapatkan uang atas nama anda.

Aset meliputi saham, obligasi, real estate, komoditas, bisnis, dan barang-barang lainnya yang memiliki potensi untuk meningkatkan nilai dari waktu ke waktu, atau untuk menyediakan anda dengan arus pendapatan.

  1. Asset Allocation

Cara anda membagi aset yang dimiliki dalam portofoliomu. Anda membuat portofolio menggunakan alokasi khusus dari berbagai jenis aset. Teorinya adalah beberapa jenis aset saling bertolak belakang satu sama lain, dan anda dapat menggunakannya untuk mengurangi sejumlah resikomu secara keseluruhan.

  1. Asset Class

Klasifikasi investasi secara individu ke dalam sebuah kelompok. Saham, obligasi, mata uang, real estate dan komoditas adalah contoh dari kelas aset.

  1. Balance Sheet

Catatan yang dimiliki oleh perusahaan. Pernyataan ini termasuk aset dan kewajiban dari perusahaan, serta saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

  1. Bear Market

Kondisi pasar yang mengarah ke bawah.

  1. Blue Chip

Sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perusahaan dengan riwayat kinerja panjang yang solid, termasuk laba, neraca, dan dividen yang terkadang meningkat.

Wartawan sering berbicara tentang “blue chips”, dan hal tersebut mengacu pada perusahaan yang berada di sekitar untuk sementara waktu, mungkin tidak menarik, tetapi memberikan nilai yang masuk akal dan peluang tingkat pengembalian.

  1. Bond

Hutang. Anda meminjamkan uang kepada sebuah perusahaan atau pemerintah, dan mereka berjanji untuk mengembalikan simpanan pokokmu seiring berjalannya waktu, ditambah dengan pembayaran bunga.

  1. Book Value

Ini bukan ukuran langsung dari nilai atau harga pasar. Namun, Book Value dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah perusahaan. Anda menentukan Book Value dengan menambahkan semua aset perusahaan dan ekuitas saham umum serta kemudian mengurangkan semua kewajiban.

  1. Makelar

Seorang makelar bertugas membeli dan menjual investasi atas namamu. Di masa lalu, makelar adalah orang.

Saat ini, makelar otomatis dapat membantu dirimu untuk membeli dan menjual tanpa perlu anda mengangkat telepon. Tergantung pada jenis makelar yang anda pilih, nantinya anda membayar biaya perdagangan, atau anda mungkin membayar persentase dari nilai akunmu.

  1. Bull Market

Kondisi pasar yang memiliki tren lebih tinggi.

  1. Capital Gain (or loss)

Perbedaan diantara apa yang harus anda bayar untuk diinvestasikan dan apa yang anda jual untuk diinvestasikan. Jika anda menjual investasi lebih dari yang anda bayarkan, ini disebut Capital Gain (keuntungan modal). Jika investasi memberikan anda keuntungan kurang dari yang anda bayarkan, ini disebut Capital Loss (kerugian modal).

  1. Commodity

Ini adalah salah satu istilah investasi yang paling sederhana – sesuatu yang riil, seperti bahan baku, sumber daya alam, atau produk pertanian yang dapat dibeli dan dijual didalam bursa.

  1. Diversification

Tindakan termasuk berbagai jenis aset dalam portofolio anda. Hal ini juga termasuk keputusan untuk membeli investasi dari industry yang berbeda atau lokasi geografis.

  1. Dividend

Sebagian pendapatan dari perusahaan. Hal ini dibagi diantara pemegang saham, tergantung pada seberapa banyak saham yang dimiliki oleh mereka. Dividen dibayarkan secara bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan. Dividend juga bisa dilakukan langsung dengan satu kali pembayaran, atau membayar secara tidak beraturan.

  1. Dow Jones Industrial Average (DIJA)

Daftar bobot harga 30 saham Blue Chip teratas yang diperdagangkan secara public. Meskipun hanya ada 30 perusahaan di DIJA, banyak orang menggunakan ini sebagai panduan untuk seberapa baik kinerja pasar saham.

  1. Exchange

Sebuah tempat dimana investasi akan dibeli dan dijual. Secara tradisional, “lantai perdagangan” menyediakan tempat bagi makelar untuk membeli dan menjual, dengan harga naik dan turun tergantung pada nilai persepsi dan permintaan.

Hari ini, sebagian besar perdagangan dilakukan secara elektronik, meskipun beberapa bursa masih memiliki “lantai perdagangan”. Aset pada umumnya harus memenuhi persyaratan tertentu untuk dicatatkan dalam bursa.

  1. Exchange-Traded Fund (ETF)

Jenis dana yang memiliki aset pokok, dan membagi aset tersebut menjadi saham yang kemudian hari dapat diperdagangkan seperti saham didalam bursa. Ini adalah cara untuk mendiversifikasi portofolio dengan cepat dan mudah. Dana yang diperdagangkan dalam bursa dapat mengikutif komoditas, mata uang, saham, obligasi dan aset lainnya.

  1. Index

Mengukur perkembangan kelompok investasi yang memiliki karakteristik tertentu. Indeks semua pasar secara statistic mengukur apa yang terjadi dengan semua perusahaan public di Amerika Serikat.

  1. Index Fund

Sebuah reksa dana yang memungkinkan anda untuk membeli saham di setiap aset yang tedaftar pada indeks tertentu. Jika anda membeli sebuah dana indeks S&P 500, anda memiliki bagian kepemilikan di setiap saham pada indeks tersebut.

  1. Investment

Item atau aset yang dibeli dengan harapan bahwa nilainya dapat meningkat atau memberikan keuntungan.

  1. Mutual Fund

Sekelompok investasi yang memiliki karakteristik, seperti pertumbuhan yang diharapkan atau dimasukkan ke dalam sector tertentu. Dana indeks adalah jenis reksa dana.

  1. Return

Jumlah yang anda dapatkan kembali dari investasimu. Hal ini sering dinyatakan dalam persentase.

  1. Share

Bagian yang sama dari modal perusahaan. Bila anda memiliki saham maka anda berhak mendapatkan proporsi keuntungan.

  1. Stock

Representasi kepemilikan dalam suatu perusahaan. Saat anda membeli saham, anda membeli saham. Semakin banyak saham yang anda miliki, semakin besar kepemilikan anda – dan proporsi anda lebih besar dari keuntungan.

  1. Yield

Hasil imbal adalah rasio diantara harga saham dan dividen yang dibayarkan secara tahunan.

Tidak semua istilah investasi ini akan anda lihat saat dirimu memulai perjalanan didalamnya, tetapi mereka adalah sejumlah bagian umum yang akan anda alami dan rasakan.

Anda dapat memahami bagaimana investasi bekerja dan mendapatkan pengetahuan yang lebih besari dari istilah investasi, tentunya anda akan meningkatkan peluang keberhasilanmu dalam jangka panjang.

Bagi Ibu rumah tangga yang masih binggung dalam mencari penghasilan tambahan, silahkan dibaca penghasilan tambahan untuk ibu rumah tangga dari investasi online jangka pendek yang merupakan salah satu cara mudah dapat uang. Tentunya dengan mengikuti pedoman yang ada seperti yang diatas ini.